Ekspedisi Kampung Naga

 

This slideshow requires JavaScript.

Ekspedisi Kecil Kampung Adat adalah bagian dari proyek tematik Kelas 9 untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman terkait tema Wawasan Nusantara. Wawasan Nusantara ditelaah dengan mengajak anak-anak kelas 9 untuk merasakan langsung kehidupan masyarakat adat, masyarakat tradisi yang menggulirkan kehidupan mereka lewat pengalaman melebur dengan situasi lingkungan alam sekitar mereka selama bertahun-tahun untuk dapat menelurkan apa yang bisa disebut Kearifan Lokal.

Ekspedisi Kampung Naga dilaksanakan oleh kelompok Vaquita (kelas 9 TP12) didampingi oleh kak Diki dan kak Nala. Hidup bersama warga kampung Naga selama 4 hari 3 malam, mereka berkenalan dengan berbagai aspek kehidupan masyarakat Kampung Naga yang memiliki berbagai bentuk kearifan lokal yang masih hidup sampai hari ini.

Di sisi lain, modernitas juga mulai merasuk ke kehidupan warga Kampung Naga. Tanpa menghakimi apakah situasi ini baik atau buruk, terbersit kekhawatiran bahwa kearifan lokal yang sebetulnya sangat luhur suatu waktu tergerus oleh berbagai pola kehidupan masyarakat modern. Walaupun begitu setidaknya teman-teman kelompok Vaquita sempat melihat dan sekilas melebur dalam kehidupan masyarakat Kampung Naga. Sebuah kekayaan budaya yang tidak bisa kita temukan di manapun juga di belahan dunia lain…

Berikut video pendek yang direkam dan diedit oleh Ravi Damaris. Selamat menikmati.

 

Leave a Reply