Jalan Jalan OSIS SMP Semi Palar ke Ciwangun

Selasa Pagitanggal 11 Desember 2018 teman-teman dari OSIS dari SMP Semi Palar melaksanakan kegiatan JJOS (Jalan-Jalan Osis SMIPA) yang didampingi oleh Kakak-Kakak Pembina OSIS dan rekan-rekan lainnya. Teman-teman OSIS berkumpul di sekolah pada pukul 06.00 lalu berangkat dengan kendaraan umum/angkot sewaanPerjalanan ke CIC (Ciwangun Indah Camp) menempuh waktu kurang lebih 45 menit.

WhatsApp Image 2018-12-13 at 10.02.33.jpeg
Saat perjalanan di angkot 🙂

Sesampai di CIC kami berkumpul dengan kelompok masing- masing  di  tempat  pembelian  tiket masuk dan langsung menuju tempat tujuan pertama yaitu Curug  Aseupan dalam waktu tempuh kurang lebih 10 menit berjalan kaki. Sesampainya di Curug Aseupan kami melakukan kegiatan awal seperti makan snack dan melakukan beberapa permainan sederhana. 

WhatsApp Image 2018-12-13 at 10.02.43
Saat di dekat Curug Aseupan

Dari situ kami pun meneruskan perjalan ke tempat tujuan utama yaitu Curug Tilu Leuwi Opat yang ditempuh dengan jalan kaki sekitar kurang lebih 45 menit. Selama perjalan ke kami berjalan melewati jalan setapak yang licin, berbatu dan berjalan meniti di atas pipa air lalu melewati banyak jembatan bambu. Saat perjalanan tersebut kami menemui beberapa curug seperti Curug Tilu, Curug Cilaki, dan Curug Citulang. 

Saat perjalanan pulang ada suatu kejadian yang sangat membekas dalam ingatan. Salah satu kelompok terpisah dari rombongan, disebabkan jalannya yang menjadi licin karena sehabis hujan dan kelompok tersebut tidak dapat dengan cepat mengikuti rombongan di depannya. Kebetulan kelompok yang di depan tidak menunggu dan teman-teman di belakangnya menjadi kehilangan arah.

Kelompok tersebut berjalan mengikuti jalan setapak yang sudah ada, tetapi di tengah perjalanan bertemu jalan yang bercabang dua, merekapun berdiskusi untuk memutuskan untuk melewati jalan yang mana. Karena jalan yang menuju ke kanan tidak meyakinkan karena licin, gelap dan tidak terlihat jejak teman-teman yang lain.

Kelompok tersebut sempat ingin berbalik arah ke titik kumpul terakhir tetapi saat kami mau memutar balik jalan setapaknya sudah menjadi lumpur dan sangat licin untuk bisa dilewati. Kebetulan ada salah satu anak di kelompok tersebut yang ingat jalan sewaktu dia berkemah di sana. Jadi mereka mengambil keputusan untuk melewati jalur ke kiri yang menanjak. Saat sampai di atas tibalah kami di Hutan Pinus yang luas, sampai di Hutan Pinus salah satu anak di kelompok itupun ingat kembali jalan untuk menembus rimbunnya Hutan Pinus.

Setelah keluar di Hutan Pinus mereka langsung disuguhi hamparan Kebun Teh yang luas. Muncul lagi ingatan dari dua anggota rombongan yang memperkirakan kalau sudah melewati kebun teh akan ada sebuah warung dan harapan mereka semua semoga warung itu buka dan bisa memberikan bantuan. Menyusuri jalan di Kebun Teh cukup sulit karena jalannya licin, menanjak, dan banyak cacing yang ukurannya cukup besar jadi takut terinjak. Sesampainya di ujung jalan setapak Kebun Teh terlihatlah warung yang dimaksud kedua teman tersebut. Di warung tersebut salah seorang mencoba menghubungi Kakak Pembina Osis tapi gagal mendapatkan sinyal, yang lain beristirahat dan mencoba bertanya tentang arah. Saat akan mau melanjutkan perjalanan kembali mereka bertemu Bapak-Bapak yang sangat baik yang mau mengantar kami sampai Camping Ground CIC. Di sana kelompok yang terpisah berhasil menghubungi kelompok yang lain. Kami pun terus berjalan ke tempat tiket masuk yang lokasinya yaitu di bawah Camping Ground. Lalu sampailah kami di tempat tiket masuk berada kami langsung berganti baju karena basah, dan makan. Dan akhirnya bisa bertemu dengan rombongan teman-teman yang lain. 

Cerita dari Kelompok lain : di  perjalanan  yang  berbeda  arah  banyak  sekali  yang jatuh  tergelincir dan jatuh karena jalan yang sangat  licin.  Rombongan  lainnya sempat mencari kami yang terpisah dari rombongan utama,  tetapi tidak berpapasan mungkin karena kami sudah jauh dari Hutan Pinus. 

 

Akhirnya semuapun bisa berkumpul kembali, saling berbagi cerita dan pengalaman masing-masing. Saat pukul 12.00 sebelum pulang kami tidak lupa untuk berdoa terlebih dahulu, lalu kamipun memasuki angkot sesuai kelompok yang sudah di tentukan. Perjalanan pulang kurang lebih memakan waktu 1 jam. Akhirnya kami kembali ke Rumah Belajar Semi Palar dengan selamat dan dengan segudang pengalaman baru.

Terimakasih Kakak-kakak Pembina OSIS dan Kakak-kakak yang sudah membimbing kita semua dan termakasih kepada teman-teman OSIS Semi Palar yang sudah mengikuti acara ini dengan antusias.

Terimakasih semuanya, sampai bertemu lagi…….

Liputan Kegiatan : Mutiara Zahwa

Leave a Reply